Eskalator atau yang lazim disebut sebagai tangga berjalan, adalah sebuah alat transpotasi konveyor untuk membawa orang antaralantai bangunan. Peralatan ini terdiri dari motor yang menggerakkan rantai, dan terhubung dengan anak-anak tangga yang saling terkait sedemikian rupa, sehingga anak-anak tangga tersebut tetap berposisi horisontal.

Eskalator digunakan untuk menggantikan elevator atau lift tidak efisien kalau dipakai, atau agar orang yang mempergunakan tetap dapat memperhatiakn sekeliling pada saat memakai. Karena hal tersebut, maka tempat yang banyak memakai adalah pusat perbelanjaan, hotel, pusat konvensi, department store, bandara dan bangunan-bangunan publik.

Keuntungan dari eskalator banyak. Peralatan ini memiliki kapasitas untuk memindahkan sejumlah besar orang, dan dapat ditempatkan dalam ruang fisik yang sama seperti yang bisa memasang tangga. Mereka tidak menunggu interval (kecuali selama lalu lintas yang sangat padat), pealatan ini dapat digunakan untuk membimbing orang menuju pintu keluar utama atau pameran khusus, dan mungkin tahan cuaca untuk penggunaan di luar ruang.

Eskalator, seperti trotoar bergerak, yang didukung oleh motor arus bolak-balik (AC motor) berkecapatan konstan dan bergerak di sekitar 1-2 kaki (0,30-0,61 m) per detik. Maksimum sudut kemiringan eskalator ke lantai tingkat horizontal adalah 30 derajat dengan kenaikan standar sampai dengan sekitar 60 kaki (18 m). Eskalator modern menggunakan satu kesatuan anak tangga dari alumunium atau baja yang bergerak dan terhubung, sehingga menghasilkan gerak yang tidak terputus. Berikut ini gambar bagian dari eskalator.

Motor elektrik berfungsi untuk menggerakkan drive gear yang dimana fungsi utamanya menggerakkan rantai penggerak anak tangga (chain guide), serta menggerakkan penggerak pegangan tangga (handrail drive). Untuk membantu gerak chain guide, dipasang roda gigi tambahan disebut return wheel. Sedangkan rel bagian dalam untuk menambah kekuatan dari anak tangga, mengubah posisi anak tangga apakah horisontal (pada saat di bagian atas), atau miring (pada saat di bagian bawah) dan agar tetap pada jalurnya.

Komponen pegangan tangga yang terbuat dari karet pada bagian terluarnya (handrail belt), memiliki struktur yang cukup kompleks. Pada bagian dalamnya terdapat sabuk besi yang menjaga agar kuat menahan tarikan dari handrail drive, menjaga agar tetap pada jalurnya, dan melindungi dari vandalisme (berusaha memotong karet handrail).

Teknologi pada eskalator semakin berkembang selain memiliki sensor untuk menonaktifkan atau melambatkan motor, bertambah panjangnya (memiliki kekuatan yang tinggi), serta memiliki bentuk spiral (salah satunya yang terpasang pada WTC Mangga Dua, Jakarta).

Eskalator merupakan peralatan yang memerlukan banyak perhatian masalah keamanan, banyak terjadi permasalahan diantaranya terjepit. Maka demi keamanan, eskalator dilengkapi beberapa pengaman sesuai dengan kebutuhan, juga tanda-tanda peringatan.

Eskalator pada masa sekarang juga berfungsi sebagai sarana promosi, memanfaatkan diding sampingnya, pegangan tangan sampai pada anak tangganya.

_______________________Q U I Z______________________________

Sebelum mengerjakan quiz, pelajari materi dengan baik. Quiz hanya dikerjakan sekali.

Nilai QUIZ diperhitungkan di nilai akhir

Kerjakan QUIZ sebelum Kamis, 15 Juli 2010

WAKTU PENGERJAAN 45 Menit
Anda hanya boleh mengerjakan SEKALI
Apabila anda tidak lulus dapat mengulang SEKALI (LULUS > 55)

login :[nama depan]-ZZZZ

ZZZZZ = 5 digit terakhir NPM anda

Contoh: ary-1600212

PASSWORD : mekatronika

Quiz Mekatronik Eskalator

NB: bila nilai yang didapat di bawah 55,

harap membuat laporan tentang Sistem Konveyor Barang pada Pabrik (memiliki sistem yang hampir mirip)

apabila ada laporan yang sama maka nilai yang dicapai, dibagi dengan laporan yang sama.

Terima Kasih………