Dalam sejarah teknologi, kemunculan teknologi, merupakan bagian dari perkembangan mutakhir, mewakili kemajuan dewasa ini dan inovasi di sekitar abad ke-21 di berbagai bidang teknologi. Berbagai intergrasi teknologi telah muncul dalam konvergensi teknologi dari sistem yang berbeda yang berkembang menuju melaksanakan tugas serupa. Konvergensi dapat merujuk pada teknologi yang sebelumnya terpisah, seperti suara (dan fitur telepon), data (dan produktivitas aplikasi) dan video, yang sekarang berbagi sumber daya dan berinteraksi antara satu dengan yang lain, sinergis menciptakan efisiensi baru.

Teknologi yang berkembang merupakan inovasi teknis yang mencerminkan perkembangan progresif dalam sebuah bidang, untuk mendapatkan keuntungan kompetitif; konvergen teknologi yang sebelumnya mewakili bidang yang berbeda dalam beberapa cara bergerak menuju kuat antar-koneksi dan tujuan serupa. Namun, pendapat pada tingkat dampak, status, dan kelangsungan hidup ekonomi dari beberapa teknologi yang muncul dan konvergen bervariasi.

Sekilas Perkembangan Teknologi

Seiring waktu, metode dan topik baru dikembangkan dan terbuka untuk semua. Beberapa timbul karena penelitian teoretis, pihak lain karena penelitian dan pengembangan komersial atau alat-alat dan penemuan-penemuan baru.

Perkembangan teknologi termasuk perkembangan tambahan, dan teknologi yang mengakibatkan kerusakan/masalah. Contoh pertama adalah secara bertahap roll out dari DVD sebagai pengembangan dimaksudkan untuk mengikuti pada dari teknologi optik sebelumnya Compact Disc. Sebaliknya, teknologi yang mengakibatkan kerusakan salah satunya kendaraan bermotor, masyarakat secara berlebihan mempergunakan kendaraan bermotor, yang mengakibatktisan tingkat polusi meningkat drastis. Sekarang sudah mulai mencari cara pemecahannya.

NanotechnologyTeknologi adalah istilah umum yang digunakan untuk menunjukkan perkembangan teknologi yang signifikan dan efektif. Membuka bidang baru dalam beberapa cara yang signifikan dalam bidang mereka. Contoh dari teknologi saat ini termasuk nanoteknologi, bioteknologi, robotik dan kecerdasan buatan.

Integrasi teknologi adalah topik yang berhubungan, merupakan bidang yang penting, di mana berbagai disiplin ilmu yang menyatu dan untuk memperluas penyatuan atau mengembangkan berbagai bidang, menuju arah yang sama. Hal ini dapat dicontohkan sebagai berikut. Dulu komputer belum menjadi sangat berpengaruh dan media menjadi belum beberbentuk digital, kemudian disatukan menjadi teknologi yang sangat luar biasa pengaruhnya. Hal tersebut dinamakan konvergensi atau integrasi teknologi.

Perdebatan Perkembangan TeknologiInsulin crystal

Banyak penulis, termasuk ilmuwan komputer Bill Joy, telah mengidentifikasi kelompok teknologi yang mereka anggap penting bagi masa depan kemanusiaan. Joy memperingatkan bahwa teknologi bisa digunakan oleh para elite untuk kebaikan atau keburukan. Mereka bisa menggunakannya sebagai peralatan yang berguna untuk seluruh umat manusia, atau memutuskan orang lain yang berlebihan dan mendorong kepunahan massal yang dibuat oleh teknologi yang tidak perlu. Para pendukung manfaat dari perubahan teknologi biasanya melihat muncul dan konvergen teknologi yang menawarkan harapan bagi perbaikan kondisi manusia. Namun, kritik dari risiko perubahan teknologi, dan bahkan beberapa pendukung seperti transhumanist filsuf Nick Bostrom, memperingatkan bahwa beberapa teknologi tersebut dapat menimbulkan bahaya, bahkan mungkin berkontribusi terhadap kepunahan umat manusia itu sendiri, yakni, beberapa dari mereka bisa mencakup resiko eksistensial (resiko yang bersifat global) .

Banyak perdebatan etis berpusat pada isu-isu keadilan distributif dalam mengalokasikan akses ke bentuk teknologi menguntungkan. Beberapa pemikir, seperti pakar etika lingkungan Bill McKibben, menentang pembangunan berkelanjutan teknologi maju sebagian karena takut bahwa manfaatnya akan didistribusikan tidak sama dengan cara-cara yang dapat memperburuk penderitaan orang miskin. Sebaliknya, penemu Ray Kurzweil adalah salah techno-utopian yang percaya bahwa muncul dan teknologi konvergen dapat dan akan menghapuskan kemiskinan dan menghapuskan penderitaan.

————————————————————————-QUIZ——————————————————————-

Sebelum mengerjakan quiz, pelajari materi dengan baik. Quiz hanya dikerjakan sekali.

Nilai QUIZ diperhitungkan di nilai akhir

Kerjakan QUIZ sebelum Jumat, 14 Oktober 2010, pkl 24.00
WAKTU PENGERJAAN 45 Menit
Anda hanya boleh mengerjakan SEKALI
Apabila anda tidak lulus dapat mengulang (LULUS > 55)

login : [kelas]-[nama depan]-xxzzzzz

xx=kode jurusan,  zzzzz = 5 digit terakhir NPM anda

Contoh: c-ary-1600212

PASSWORD : kontek

Quiz Teknologi dalam Arti Luas

Sebaliknya, teknologi yang mengganggu adalah orang-orang di mana sebuah metode baru menggantikan teknologi sebelumnya dan membuatnya berlebihan, misalnya penggantian kuda kereta yang ditarik oleh mobil.