Kualitas fungsi penyebaran (QFD) adalah metode “untuk mengubah permintaan pengguna ke dalam kualitas desain, untuk menyebarkan fungsi membentuk kualitas, dan untuk menyebarkan metode untuk mencapai kualitas desain menjadi subsistem dan komponen bagian, dan akhirnya unsur-unsur tertentu dari proses manufaktur “, seperti yang dijelaskan oleh Dr Yoji Akao , yang awalnya dikembangkan QFD di Jepang pada tahun 1966, ketika penulis gabungan karyanya dalam jaminan kualitas danpengendalian kualitas poin dengan penyebaran fungsi yang digunakan dalam Rekayasa Nilai.

QFD dirancang untuk membantu perencana fokus pada karakteristik atau ada produk baru atau layanan dari sudut pandang dari segmen pasar , perusahaan, atau kebutuhan pengembangan teknologi. Teknik menghasilkan grafik dan matriks .

QFD membantu mentransformasi pelanggan kebutuhan (dengan suara pelanggan [VOC]) ke teknik karakteristik (dan sesuai metode uji ) untuk produk atau layanan, memprioritaskan setiap produk atau karakteristik layanan sekaligus menetapkan target pengembangan produk atau jasa.

Bidang Aplikasi

QFD diterapkan dalam berbagai layanan, produk konsumen, kebutuhan militer (seperti Joint-35 Strike Fighter F.), dan muncul teknologi produk. Teknik ini juga digunakan untuk mengidentifikasi dan dokumen strategi pemasaran kompetitif dan taktik. QFD dianggap sebagai praktek kunci Desain untuk Six Sigma (DFSS – seperti terlihat pada peta jalan yang dirujuk). Hal ini juga terlibat dalam baru ISO 9000:2000 standar yang berfokus pada kepuasan pelanggan.

Hasil dari QFD telah diterapkan di Jepang dan di tempat lain ke dalam menyebarkan dampak tinggi faktor dikontrol dalam perencanaan strategis dan manajemen strategis (juga dikenal sebagai Hoshin Kanri , Hoshin Perencanaan, atau Kebijakan Deployment).

Mendapatkan kebutuhan pasar dengan mendengarkan Voice of Customer (VOC), sortasi kebutuhan, dan numerik mengutamakan mereka (menggunakan teknik seperti Analytic Hierarchy Process ) adalah tugas awal QFD. Secara tradisional, pergi ke Gemba (istilah bahasa Jepang yang bermakna “tempat yang nyata” dimana nilai dibuat untuk pelanggan) adalah di mana kebutuhan-kebutuhan nasabah dibuktikan dan dikompilasi.

Meskipun banyak buku dan artikel tentang “bagaimana melakukan QFD” tersedia, ada kekurangan relatif dari matriks contoh yang tersedia. matriks QFD menjadi sangat eksklusif karena kepadatan tinggi informasi produk atau jasa yang ditemukan di dalamnya.

Rumah Kualitas

Rumah Kualitas muncul pada tahun 1972 dalam desain sebuah kapal tanker minyak oleh Mitsubishi Heavy Industries.  Akao telah menegaskan berkali-kali bahwa Rumah Kualitas QFD itu hanya sebuah contoh dari satu alat dalam QFD.

Rumah Kualitas adalah diagram, menyerupai rumah, digunakan untuk mendefinisikan hubungan antara dan keinginan perusahaan / produk.  Ini adalah bagian dari Quality Function Deployment (QFD) dan memanfaatkan planning matrix untuk mengaitkan, apa yang menjadi keinginan konsumen terhadap sebuah perusahaan (yang memproduksi produk). Ini tampak seperti House dengan “ corellation matrix “sebagai atapnya, pelanggan ingin versus fitur produk sebagai bagian utama, pesaing evaluasi sebagai dll teras Hal ini didasarkan pada” keyakinan bahwa produk harus dirancang untuk mencerminkan ‘keinginan pelanggan dan selera “. Hal ini juga dilaporkan untuk meningkatkan integrasi fungsional silang dalam organisasi menggunakannya, khususnya antara pemasaran , teknik dan manufaktur.

Struktur dasar adalah sebuah tabel dengan “Whats” sebagai label di sebelah kiri dan “Hows” di bagian atas. atap adalah matriks diagonal “Hows vs Hows” dan tubuh rumah adalah matriks “Whats vs Hows“. Kedua matriks ini diisi dengan indikator apakah interaksi dari item tertentu adalah positif yang kuat, negatif yang kuat, atau di suatu tempat di antara keduanya. Lampiran tambahan di sisi kanan dan bawah tahan “Whys” (riset pasar, dll) dan “How Muches“. Peringkat berdasarkan mengapa dan korelasi dapat digunakan untuk menghitung prioritas untuk Hows.

Rumah analisis Kualitas juga bisa bertingkat, dengan “Hows” dari satu tingkat menjadi “Whats” dari tingkat yang lebih rendah, karena hal ini berlangsung keputusan lebih dekat dengan rekayasa / rincian manufaktur.

A Flash tutorial ada menunjukkan membangun proses tradisional QFD “House of Quality” (HOQ). Ada juga House of Quality Template yang tersedia dapat digunakan untuk membuat Rumah Kualitas.